Pengaruh Pengetahuan Keagamaan Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prilaku Sosial Anak Di Sdit Nur El Qolam Serang Banten

  • Syamsul Bahri Tanrere Institut PTIQ Jakarta
  • Otong Surasman Institut PTIQ Jakarta
  • Ahmad Mubarok Institut PTIQ Jakarta
Keywords: Pengetahuan Agama Islam, Kecerdasan Emosional, Prilaku Sosial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pemahaman data-data empirik mengenai Pengaruh Pengetahuan Keagamaan dan Kecerdasan Emosional, baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama dengan Perilaku Sosial Siswa SDIT Nur El Qolam Serang Banten. Hipotesis penelitian ialah (1) Terdapat pengaruh yang erat dan signifikan Pengetahuan Agama terhadap Perilaku Sosial Siswa SDIT Nur El Qolam Serang Banten (2) Terdapat pengaruh yang erat dan signifikan Kecerdasan Emosional terhadap Perilaku Sosial Siswa SDIT Nur El Qolam Serang Banten.

Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional yang di laksanakan di SDIT Nur El Qolam Serang Banten dengan melibatkan Siswa Kelas, empat , lima dan enam. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket, dan studi dokumenter. Analisis data menggunakan analisis korelasional dengan teknik korelasi rumus product moment. Hasil pengujian hipotesis sebagai berikut:

Pertama, terdapat pengaruh positif dan rendah antara Pengetahuan Agama dengan Perilaku Sosial Siswa SDIT Nur El Qolam Serang Banten. Selanjutnya karena koefisien korelasi r = 0,230 maka dapat diperoleh nilai koefisien determinasinya sebesar R2 = 0,053 yang berarti bahwa 05,3 %  variansi Perilaku Sosial Siswa SD SDIT Nur El Qolam Serang Banten melalui persamaan regresi : Ŷ = 72,209 + 0,115 X1 yang signifikan pada taraf alpha 0,05.  

Kedua, terdapat pengaruh positif dan sedang antara Kecerdasan Emosional dengan Perilaku Sosial  Siswa SDIT Nur El Qolam Serang Banten. Selanjutnya karena koefisien korelasi r = 0,159 maka dapat diperoleh nilai koefisien determinasinya sebesar R2 = 0,025 yang berarti bahwa 02,5 % variansi Perilaku Sosial Siswa SDIT Nur El Qolam Serang Banten dapat dipengaruhi oleh  Kecerdasan Emosional melalui persamaan regresi : Ŷ = 74,602 + 0,095 X2 yang signifikan pada taraf alpha 0,05.

Ketiga, terdapat pengaruh positif dan sedang antara Pengetahuan Agama dan Kecerdasan Emosional dengan Perilaku Sosial Siswa SDIT Nur El Qolam Serang Banten. Selanjutnya karena koefisien korelasi r = 0,232 maka dapat diperoleh nilai koefisien determinasinya sebesar R2 = 0,054 yang berarti bahwa 05,4 % variansi Perilaku Sosial Siswa SD SDIT Nur El Qolam Serang Banten dapat dipengaruhi oleh Pengetahuan Agama dan Kecerdasan Emosional melalui persamaan regresi : Ŷ = 70,662 + 0,104 X1 + 0,024 X2 yang signifikan pada taraf alpha 0,05.

Temuan ini diharapkan mampu memberikan kontribusi yang positif bagi pembinaan Pengetahuan Agama dan Kecerdasan Emosional Terhadap Perilaku Sosial SDIT Nur El Qolam Serang Banten  pada generasi yang ada dan generasi selanjutnya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-01-13