Metode Pendidikan Keberagamaan di Lingkungan Keluarga

  • Sadari Sadari Institut Agama Islam Shalahuddin Al-Ayyubi (INISA)
Keywords: Metode Pendidikan, Keberagamaan, Keluarga

Abstract

Pelaksanaan pendidikan Agama Islam, Bagi anak di dalam lingkungan keluarga sangat penting untuk diperhatikan oleh orang tua, kewajiban itu terpikul dipundak kedua orang tua. Sangat tidak benar seandainya orang tua menyerahkan pendidikan Agama bagi anak-anaknya kepada sekolah. Karena pembinaan keberagamaan anak akan lebih banyak berada di dalam keluarga dan itu membutuhkan pengawasan langsung dari orang tua. Orang tua perlu menambah ilmu pengetahuan agamanya sehingga memiliki modal untuk dapat memberikan pendidikan keagamaan kepada anak-anaknya. Materi pokok pendidikan Agama Islam yang harus ditanamkan (dididikkan) kepada anak-anak di dalam lingkungan keluarga terdapat pada Q.S Luqman ayat 13-19. Faktor-fakior yang mungkin dapat menghambat pelaksanaan pendidikan Agama Islam bagi anak di lingkungan keluarga adalah faktor pendidik (orang tua sendiri), anak didik (dalam hal ini anak) dan lingkungan dimana anak berada.

Metode-metode yang dipakai dalam pelaksanaan pendidikan agama Islam di lingkungan keluarga. Metode-metode pendidikan Islam yang dapat dipakai di dalam menyampaikan materi-materi tersebut di atas adalah mauizah al-hasanah (pemberian nasehat yang baik), kasih sayang, perumpamaan, pembiasaan dan keteladanan. Namun demikian bukan berarti metode yang lainnya tidak bisa diterapkan. Penggunaan metode tergantung situasi dan kondisi orang tua dalam menyampaikan materi keagamaan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-04-02
How to Cite
[1]
Sadari, S. 2019. Metode Pendidikan Keberagamaan di Lingkungan Keluarga. Alim | Journal of Islamic Education. 1, 1 (Apr. 2019), 1-20. DOI:https://doi.org/10.51275/alim.v1i1.117.